Cara Menambal Ban Sepeda Sendiri

Dewasa ini masyarakat sudah mulai menggunakan sepeda sebagai kendaraan selain dikarenakan kemacetan yang semakin tidak teratasi juga kesehatan yang semakin menjadi konsentrasi mereka. Namun dikota besar kadang kala ada saja yang menyebar paku demi meraih keuntungan di penderitaan orang lain, oleh karena itu saya mencoba memberi informasi mengenai menambal ban sepeda sendiri apabila tidak terdapat kios tambal ban disekitar kejadian.

Berikut adalah langkah-langkah menambal ban sepeda sendiri (DIY). Dan bisa dibawa didalam tas kecil diletakan di sepeda anda.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. Lem aibon 1 kaleng kecil
  2. Obeng (-) dua
  3. karet penambal biasanya ditoko sepeda / hypermart tersedia
  4. amplas
  5. tusuk gigi
  6. palu kecil
  7. ember (bisa dipinjam dari warga atau bisa menggunakan helm sepeda yg dilapisi plastik agar bisa menampung air)
  8. pompa engkol kecil, yang bisa dilipat

Pertama-tama gemboskan ban sepeda anda, kemudian dengan dua obeng ditekan kedalam (dengan gerakan melingkar) ban luar menuju dalam untuk mengeluarkan pinggiran ban luar sepeda.  Lalu setelah terdapat celah mengeluarkan ban dalam, keluarkan ban tersebut lalu dimasukan kedalam helm yg berisi air / ember sebelumnya ban tersebut diisi angin dg pompa engkol, lalu setelah ketemu bagian yang bocor tusuk dg tusuk gigi lalu kita mencari paku yg terdapat didalam ban luar, begitu dapat simpan, jangan dibuang sembarangan. Kemudian setelah itu pasang karet dengan dilapisi lem aibon sebelumnya dibagian ban dalam bisa kita amplas untuk membersihkan serta memperhalus permukaannya. Setelah terpasang kempeskan ban sampai benar-benar kempes lalu masukan kedalam velg sepeda bersamaan dengan dimasukannya lapisan ban luar kedalam velg. Kemudian ban siap dipompa dan selesailah tahapan menambal ban sepeda sendiri.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s