Album Review: God Speed You! Black Emperor – Allelujah! Don’t Bend! Ascend!

God Speed You! Black Emperor atau biasa disingkat menjadi GY!BE adalah salah satu pondasi post-rock (genre yang menggunakan peralatan musik rock tapi tidak memainkan musik rock – instrumental biasanya) revival dari Montreal Canada. Album Allelujah! Don’t Bend! Ascend! merupakan studio album mereka yang ke enam setelah mengalami masa hiatus yang cukup lama yaitu dari 2003 hingga 2010. Mereka kembali melakukan aktifitas bermusik pada tahun 2010 dan tahun ini akhirnya mereka merilis album dengan didalamnya terdapat lagu yang menggunakan unsur gamelan dan kebetulan pada saat demo menggunakan nama yang sama (gamelan part 1 dan part 2).

Berikut beberapa komentar dari kritikus musik yang cukup ternama.

napas yang luar biasa tidak dapat diukur dan sangat dalam – Eli Kleman dari Sputnikmusic

benar benar pengalaman yang tidak dapat dilupakan – masih Eli Kleman dari Sputnikmusic

karya yang cukup sederhana tetapi megah dengan sepenuhnya terpancarkan dari seluruh lagu didalam album ini – Andrzej Lukowski dari Drowned in Sound

penggabungan dari karya yang baru dan lama yang tidak pernah kami dengarkan sebelumnya, dan kita perlu mengapresiasikan selagi masih bisa – Mark Richardson  dari Pitchfork Media

GY!BE

list lagu dalam album ini adalah sebagai berikut:

  1. Mladic [20:00]
  2. Their Helicopters’ Sing [6:30]
  3. We Drift Like Worried Fire [20:07]
  4. Strung Like Lights at Thee Printemps Erable [6:32]

Bisa dibilang album ini memberikan misi sosial dan politik kepedulian mereka akan kejadian perang dan kekacauan dibelahan dunia saat ini seperti lagu mereka sebelumnya yang merasa 9/11 merupakan “mainan” dan konspirasi dari negara adidaya amerika dan bukan suatu kebetulan album mereka dibuat setelah setahun invasi amerika ke afganistan dan iraq serta beberapa saat ketika pemilihan presiden di Amerika sedang berlangsung.

Pada trek pertama dalam album Allelujah! Don’t Bend! Ascend! yaitu Mladic atau sebelumnya bernama Albanian  kita akan dibawa kesuasana yang intens didalam midle east, ya bisa dibilang mereka terinfluens dari musisi-musisi instrumental didaerah tersebut seperti merchant dede dan lainnya. Dengan balutan distorsi dan hentakan drum yang cukup intens bisa dibilang lagu ini cocok dijadikan trek pembuka dan paling powerfull diantara lagu lainnya dalam Allelujah! Don’t Bend! Ascend!  ya tapi tidak bisa dipungkiri ini tidak lebih dari terkesan remake karena memang Mladic dan We Drift Like Worried Fire sudah ada dialbum sebelumnya dimana Madlic dengan nama Albanian sedangkan We Drift Like Worried Fire dengan nama gamelan part I and II. Mengenai trek gamelan atau we drift like worried fire ini tidak ada habisnya keinginan saya untuk membahasnya, walaupun feel dari gamelan itu lebih terasa ketika trek ini masih bernama gamelan tetapi tetap saja ke intens dan keindahan bentuk dari lagu ini cukup dapat terpancarkan. Untuk yang ingin mendengarkan musik gamelan yang sekarang dilagu ini menggunakan suara gitar bisa navigasi ke menit 3:30 disana akan terasa influens dari alat tradisional yang berasal dari pulau jawa ini. Trek lainnya yaitu Their Helicopters’ Sing dan Strung Like Lights at Thee Printemps Erable merupakan trek yang lumayan singkat untuk kebiasaan dari band-band instrumental / eksperimental / post-rock tetapi tidak lupa meninggalkan kesan yang cukup kuat akan keseriusan mereka setelah lama tidak mengeluarkan rilisan dan hiatus yang cukup lama.

Hidup manusia memang singkat akan tetapi berbanding terbalik karya musik seperti ini dengan adanya internet dan perbagai media penyimpan dan penyebar luas maka akan bertahan cukup lama. Dan begitu juga dengan Allelujah! Don’t Bend! Ascend! kombinasi dari karya yang cukup lama yaitu 2003 dengan yang baru semoga kita bisa menikmati dan menghargainya selama masih diberi kehidupan.

rate: 9.4 / 10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s