Kasus Koperasi di Indonesia

http://news.detik.com/read/2013/10/30/221027/2399955/10/kejagung-tangkap-tersangka-kasus-videotron-rp-17-m

 

Jakarta – Tim Satgas Kejaksaan Agung (Kejagung) dan tim intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur berhasil menangkap tersangka korupsi pengadaan videotron. Diperkirakan kerugian negara akibat kasus pengadaan 2 videotron di Sekretariat Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah itu sebesar Rp 17 miliar.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Setia Untung Arimuladi mengatakan, tersangka atas nama Hendra Saputra ditangkap di Samarinda, Kalimantan Timur pada pukul 16.15 WITA tadi.

“Pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2013 di Jl Gunung Arjuna Samarinda, tim Satgas Kejagung bersama tim intelijen Kejati Kaltim berhasil menangkap Hendra Saputra yang merupakan Direktur PT Imaje Media Jakarta,” ujar Setia dalam pesan singkatnya, Rabu (30/10/2013).

Untung mengatakan, pada tahun 2012 Kemenkop dan UKM mengadakan 2 unit videotron yang dimenangkan PT Imaje Media dengan total nilai anggaran sebesar Rp 23.410.000.000. Namun, lanjutnya, terdapat beberapa penyimpangan dalam pelaksanaannya.

“Kerugian keuangan negara diperkirakan sebesar Rp 17.114.500.000. Penyimpangan yaitu pemenang lelang sudah dikondisikan, HPS terlalu tinggi nilainya, pekerjaan tambah kurang tidak dilakukan addendum kontrak, spesifikasi tidak sesuai kontrak dan ada sebagian pekerjaan fiktif,” kata Untung.

“Selanjutnya tersangka akan dibawa besok hari ke Jakarta oleh tim dari Kejati DKI Jakarta,” tutup Untung.

 

analisa:

Kasus mark-up yang kerap terjadi di organisasi seperti koperasi bisa dihindari apabila kedisiplinan akan transparasi dalam pelaporan laporan keuangan dapat dilaksanakan dengan baik oleh para anggota koperasi dan kementriannya sehingga dapat memberikan contoh yang baik bagi masyarakat yang menjadi anggota koperasi pada khususnya dan masyarakat biasa pada umumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s