ARTIKEL & PARAGRAF BAHASA INDONESIA

Paragraf Deduktif :

Paragraf Deduktif adalah paragraf yang diawali dengan kalimat yang berisi kalimat utama pada awal paragraf diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

Contoh paragraf:

Bila kita sakit dan memeriksakan ke dokter, biasanya sering diberi antibiotik. Obat jenis ini diyakini ampuh melawan penyakit. Karena itu masyarakat sering mengonsumsinya, baik dengan resep dokter maupun tidak. Padahal mengonsumsi antibiotik tidak boleh sembarangan.

Penjelasan:

Kalimat utama paragraf diatas yang diambil dari artikel

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/01/16/mgoyib-hatihati-ini-bahaya-keseringan-minum-antibiotik

adalah “Bila kita sakit dan memeriksakan ke dokter, biasanya sering diberi antibiotik.”

 




 

Akuaponik (Aquaphonic)

Akuaponik adalah gabungan dari  budidaya ikan atau disebut akuakultur dan hidroponik yaitu budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah. Keberadaan ikan, tanaman dan bakteri merupakan unsur yang sangat penting, karena keberadaan ketiga unsur tersebut melahirkan simbiosis mutualisme yaitu suatu hubungan yang saling menguntungkan. Ikan menyumbang kotoran dan sisa pakan yang di dalamnya mengandung amonia. Bakteri menyaring dan mengubah amonia menjadi nitrat, zat yang berfungsi sebagai pupuk bagi tanaman. Tanaman memasok oksigen yang diperlukan ikan.

 

Simbiosis mutualisme dalam akuaponik

Karena akuaponik merupakan gabungan akuakultur dan hidroponik, maka hasil yang kita dapat tentu tidak hanya ikan, tapi juga tanaman khususnya sayuran.

analisa: kata serapan yang terdapat disana adalah, akuakultur, hidroponik, akuaponik, dan amonia. Terdapat kesetaraan kalimat didalam akuakultur dan hidroponik karena sama-sama menggunakan kata serapan. Terdapat dua alinea didalam artikel tersebut dengan model deskreptif. Terdapat tanda baca EYD yaitu titik dan koma.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s